Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tidak Seperti Yang Disangka - Kejadian 20: 11



Kejadian 20: 11

Lalu Abraham berkata: "Aku berpikir: Takut akan Allah tidak ada di tempat ini; tentulah aku akan dibunuh karena isteriku.”

           Suatu ketika, ada seorang siswa yang merasa bahwa hari-hari yang ia lalui sangat terasa berat. Dimana guru yang mengajarnya waktu itu terkesan kaku dan tidak dapat diajak untuk santai bahkan bercanda. Setelah beberapa kali pertemuan, akhirnya sang muridpun mengetahui bahwa guru yang disangka terkesan kaku dan tidak dapat diajak santai tersebut ternyata dapat bercanda dan mencairkan suasana. Ternyata apa yang ia pikirkan saat itu tidak seperti yang disangkanya. Melalui pertemuan-pertemuan kelas berikutnya sang murid dapat memahami bahwa gurunya ternyata orang yang asik.

           Ketika menjadi orang asing di Gerar, Abraham mengatakan kepada penduduk sekitar bahwa Sara adalah saudaranya, karena jangan sampai ia mati karena istrinya. Abraham menyangka bahwa penduduk gerar tidak takut akan Tuhan, sehingga ia mulai berbohong kepada mereka. Tidak berselang lama akhirnya Abimelekh raja Gerar hendak mengambil Sara menjadi istrinya, tetapi akhirnya Tuhan menegur Abimelekh dalam mimpi. Abimelekh pun tidak jadi menghampiri Sara dan mengembalikannya kepada Abraham dan ia juga menegur Abraham atas perbuatan yang dilakukannya. Abraham menyangka bahwa takut akan Tuhan tidak ada di negri itu, padahal Abimelek sendiri adalah seorang yang takut akan Tuhan.

           Dalam hidup ini, kita mungkin juga pernah menyangka atau berprasangka buruk terhadap seseorang atau terhadap suatu hal. Tanpa disadari bahwa terkadang apa yang kita sangka tidak sesuai dengan apa yang sebenarnya terjadi. Waspada memang diperlukan, tetapi janganlah kita berprasangka buruk terhadap seseorang terlebih dahulu sebelum mengenal orang tersebut dengan baik. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Tidak Seperti Yang Disangka - Kejadian 20: 11"