Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pemberian Secara Cuma-Cuma - Efesus 2: 8-10



Efesus 2: 8-10

“Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.”

 

           Setiap orang pasti suka dengan yang namanya kado. Tanpa berbuat apa-apa kita bisa mendapat hadiah, berbeda dengan upah di mana kita harus melakukan suatu hal untuk mendapatkannya. Bukan hanya kado, tetapi barang diskon atau gratisanpun juga akan sangat disukai orang semua orang. Tapi tahukah saudara bahwa keselamatan juga adalah suatu pemberian cuma-cuma dari Tuhan “dan oleh kasih karunia telah dibenarkan dengan cuma-cuma karena penebusan dalam Kristus Yesus”.

           Keselamatan adalah hadiah gratis dari Allah, di mana Allah memberikan secara cuma-cuma kepada setiap orang yang dikehendakinya yakni mereka yang percaya kepadaNya. Meskipun keselamatan adalah pemberian dari Allah lantas bukan berarti bahwa manusia tidak melakukan apa-apa setelahnya.

           Keselamatan bukanlah hasil usaha manusia, sebab perbuatan sebaik apapun yang manusia lakukan tidak akan dapat membuat manusia dibenarkan dan layak untuk memperoleh keselamatan. Karena keselamatan adalah suatu pemberian, maka orang percaya tidak boleh bermegah akan hal itu. Setelah memperoleh anugerah keselamatan itu orang percaya perlu untuk senantiasa melakukan pekerjaan baik sebagai suatu ucapan syukur kita atas anugerah yang Tuhan telah berikan. Sehingga perbuatan baik kita bukanlah untuk memperoleh keselamatan tetapi sebagai ucapan syukur karena telah diselamatkan.

           Untuk itu marilah kita sebagai orang percaya yang telah menerima anugerah keselamatan itu, jangan kita memegahkan diri kita. Karena anugerah keselamatan itu bukanlah usaha kita, tetapi hanya pemberian dari Allah. Selain itu perbuatan baik yang kita lakukan bukanlah untuk memperoleh keselamatan, tetapi menjadi ucapan syukur kita karena telah diselamatkan. Adalah rencana Allah juga jika orang percaya telah dipersiapkan untuk melakukan pekerjaan baik yang berkenan kepada Allah untuk kemuliaan namaNya. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Pemberian Secara Cuma-Cuma - Efesus 2: 8-10"