Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjaga Perkataan - Yakobus 3: 1-12



           Kemajuan teknologi akhir-akhir ini berkembang sangat pesat, bahkan sudah mulai diterapkan kepada tanaman. Salah satunya pada budidaya buah. Bisa saja dalam satu pohon buah tertentu dapat menghasilkan 2 atau bahkan 3 buah berbeda. Tentunya hal ini sangat diminati karena untuk mendapatkan 2 atau 3 buah berbeda kita hanya perlu untuk menanam 1 pohon saja. Meski 1 pohon dapat menghasilkan 2 jenis buah yang berbeda, tetapi 1 mata air tidak dapat menghasilkan 2 jenis air yang berbeda. Demikian juga dengan lidah, lidah dapat mengeluarkan kata-kata yang baik (berkat) tetapi juga dapat mengeluarkan kata-kata yang kotor (kutuk). Namun Alkitab menegaskan kiranya orang percaya tidak berlaku demikian.

           Dalam Yakobus 3, penulis mengingatkan orang percaya untuk dapat mengendalikan lidahnya. Meski lidah merupakan satu anggota tubuh yang kecil, tetapi daripadanya dapat mengakibatkan hal yang berdampak besar. Dalam ayat 6, diibaratkan lidah seperti api yang dapat menodai seluruh tubuh. Bahkan dilanjutkan dalam ayat 8, tidak ada seorangpun yang dapat berkuasa menjinakkan lidah.

           Sebagai orang percaya jangalah kita mempergunakan lidah kita untuk memperkatakan hal-hal yang kotor, hal-hal yang menimbulkan pertengkaran, kata-kata kutuk dan sebagainya. Namun sebagai anak Tuhan, marilah kita senantiasa memancarkan terang Tuhan dari perkataan-perkataan kita. Sebagai anak-anak Tuhan, bukan lagi perkataan-perkataan kotor yang keluar dari mulut kita, tetapi kata-kata berkat, perkataan yang membangun, perkataan yang menguatkan dan meneguhkan iman seseorang.

           Untuk itu marilah kita senantiasa menjaga perkataan kita agar dengan lidah ini kita tidak lagi mencari mencela orang lain, tidak lagi berkata-kata kotor, tetepi dengan lidah ini kita mau untuk senantiasa memuliakan Tuhan. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Menjaga Perkataan - Yakobus 3: 1-12"