Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kunci Kemenangan - Amsal 16:32

 



Amsal 16:32

Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota

 

          Menunggu merupakan suatu hal yang sangat membosankan bagi setiap orang. Karena menunggu itu membosankan, seringkali manusia menjadi tidak sabar dan mengambil jalan pintas. Entah itu antrian, entah itu lalulintas dan sebagainya. Kesabaran mutlak diperlukan oleh setiap orang dalam menghadapi berbagai situasi. Dengan kesabaran seseorang dapat lebih menguasai dirinya dan tidak tergesa-gesa dalam mengambil keputusan.

          Dalam Amsal 16:32, dikatakan bahwa orang yang sabar melebihi seorang pahlawan. Mengapa demikian? Karena kesabaran membuat seseorang berfikir Panjang dan terhindar dari kesalahan-kesalahan. Seorang pahlawan agar dapat memenangkan pertempuran, perlu membangun strategi yang baik. Perlu mempertimbangkan segala aspek agar ia dapat menang dalam pertempuran. Orang yang sabarpun telah berhasil memenangkan dirinya dan menjadi pahlawan dalam dirinya.

          Orang yang sabar melebihi seorang pahlawan juga berarti bahwa setiap orangpun pasti pernah kehilangan kesabaran. Bahkan sekelas seorang pahlawan pun bisa kehilangan kesabaran. Sehingga orang yang sabar melebihi seorang pahlawan, karena ia bisa mengalahkan dirinya sendiri, bisa mengalahkan amarah dalam dirinya. Bahkan bagian selanjutnya mengatakan bahwa orang yang menguasai dirinya, melebihi orang yang merebut kota. Kemenangan seseorang yang mampu menguasai dirinya melebihi kemenangan seseorang yang merebut kota.

          Dari ayat ini marilah kita belajar untuk menjadi pribadi yang senantiasa sabar dan dapat menguasai diri. Jangan mudah emosi dan mengambil keputusan tanpa pertimbangan yang matang. Tentunya juga kita perlu untuk mengandalkan dan melibatkan Tuhan agar mampu menguasai diri kita dan senantiasa sabar dalam berbagai situasi. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Kunci Kemenangan - Amsal 16:32"