Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kuasa Sepatah Firman Tuhan - Lukas 10: 1-10



Seorang panglima pasti memiliki kuasa untuk memerintah bawahannya. Setiap kata yang diperintahkan olehnya pasti dilakukan oleh bawahannya. Meski demikian, terdapat hal yang lebih berkuasa dari kata-kata yang diucapkan oleh seorang panglima, yakni firman Tuhan.

Tidak hanya satu kalimat yang berkuasa, tetapi sepatah katapun sangat berkuasa. Adapun sepatah kata firman firman Tuhan berkuasa berdasar Lukas 10:1-10 adalah:

1.    Berkuasa Menumbuhkan Iman

Dalam ayat 3, seorang perwira tersebut mengenal Yesus hanya dari mendengar tentangNya. Bisa dikatakan bahwa Perwira tersebut belum pernah bertemu dengan Yesus sebelumnya. Tetapi ketika ia mendengar kabar tentang Yesus, mulailah timbul iman dalam hatinya bahwa Yesus dapat menyembuhkan seorang hambanya. Bahkan dalam ayat 9, dikatakan bahwa imannya sangat besar dibandingkan dengan iman orang-orang Israel. Oleh imannya itu ia percaya bahwa sepatah kata firmanpun sanggup menyembuhkan seorang hambanya yang sedang sakit.

2.    Berkuasa Menyadarkan Manusia

Dalam ayat 6-7, kita bisa melihat bahwa seorang perwira tersebut sadar akan siapa dirinya sehingga ia merasa tidak layak untuk menerima Yesus dirumahnya. Bahkan lebih dari itu, ia juga merasa tidak layak unutk datang kepadaNya. Hal ini mengisyaratkan bahwa perwira tersebut sadar akan siapa dirinya. Ia bukanlah seorang yang percaya Yesus sebelumnya, ia juga bukan salah seorang pengikutNya, Tetapi melalui orang lain ia menjadi percaya kepadaNya.

Untuk itu jangalah kita meremehkan kuasa firman Tuhan, bahwa firman Tuhan itu sangat berkuasa meskipun hanya sepatah kata. Untuk itu mari kita menghargai setiap perkataan firman Tuhan dan menghargai setiap firman yang kita dengar melalui pembacaan Alkitab maupun melalui khotbah-khotbah yang disampaikan. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Kuasa Sepatah Firman Tuhan - Lukas 10: 1-10"