Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Salah Pilih - Amsal 13:20

 


Amsal 13:20

Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang”

          Setidaknya dalam hidup manusia terdapat 2 pengaruh yang signifikan yang membangun dirinya. Yakni pengaruh dari dalam dan dari luar. Pengaruh dari dalam dapat berupa karakter sedangkan pengaruh dari luar dapat berupa lingkungan atau pergaulan. Untuk itu sangat penting untuk berada dalam pergaulan yang baik “Jangan kamu sesat: Pergaulan yang buruk merusak kebiasaan yang baik (1 Korintus 15:33).

          Amsal 13:20 juga mengingatkan kita akan pentingnya sebuah pergaulan. Hal serupa juga diingatkan Tuhan ketika bangsa Israel menuju tanah Kanaan. Tuhan memerintahkan agar bangsa Israel tidak kompromi dengan dosa penyembahan berhala. Untuk itu Tuhan menyuruh mereka agar menumpas seluruh penduduk Kanaan. Dengan adanya penduduk Kanaan yang menyembah berhala, jangan-jangan bangsa Israel akan juga ikut terpengaruh oleh penyembahan berhala. Untuk itulah Tuhan dengan tegas memerintahkan bangsa Israel untuk menumpas seluruh penduduk tanah Kanaan.

          Dengan terhindarnya Israel dari pergaulan yang dapat merusak iman mereka kepada Tuhan, bangsa Israel dapat tetap dengan setia menjadi umat Tuhan. Tetapi ketika mereka membiarkan pergaulan bangsa Kanaan itu masuk ke dalam hidup bangsa Israel, maka bangsa Kanaan pun mulai mempengaruhi bangsa Israel untuk menyembah berhala.

          Dalam hidup ini, mungkin kita diperhadapkan dengan berbagai kemajemukan pergaulan. Namun kitapun masih dapat memilih, apakah kita memilih pergaulan yang bijak atau pergaulan yang bebal. Pergaulan yang baik atau pergaulan yang buruk. Untuk itu marilah kita membangun pergaulan yang baik dengan saudara seiman, dengan membangun Persekutuan bersama, Persekutuan yang senantiasa saling membangun dan saling menguatkan satu sama yang lain. Jangan sampai kita memilih dan berada dalam pergaulan yang salah, sebab pergaulan dimana kita berada akan sangat mempengaruhi kehidupan kita. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Jangan Salah Pilih - Amsal 13:20"