Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Membanggakan Diri - Matius 8: 10



Matius 8:10

Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorang pun di antara orang Israel”.

 

          Tidak sedikit orang Kristen yang merasa dirinya lebih Rohani dibandingkan dengan orang lain yang jarang pergi ke gereja. Mereka merasa bahwa dengan rajinnya mereka beribadah dan datang ke gereja, mereka merasa bahwa dirinya lebih Rohani dibanding orang lain. Hal ini juga sering dilakukan oleh orang-orang farisi yang mengganggap keagamaan mereka lebih baik dibandingkan dengan orang lain. Rajinnya mereka beribadah, berdoa, berpuasa dan bersedekah telah membuat mereka sombong dan menganggap dirinya lebih benar dan lebih baik dibandingkan dengan orang lain.

          Kerohanian seseorang tidak dapat ditentukan dari jabatan kerohanian atau peribadatan yang dilakukan oleh orang tersebut. Sebab kerohanian seseorang bergantung pada kedekatan orang tersebut secara pribadi dengan Tuhan. Mungkin ia jarang terlihat membangun Persekutuan dengan Tuhan, tetapi siapa sangka ia memiliki relasi yang baik dengan Tuhan.

          Dalam Matius 8:10 ini, kita Yesus dibuat heran dengan iman yang dimiliki oleh seorang perwira yang memiliki iman demikian besar dibandingkan orang-orang Israel. Mungkin perwira tersebut tidak memiliki relasi yang demikian dekat dengan Yesus, tetapi ia memiliki iman yang begitu besar. Bahkan jika kita bandingkan dengan orang-orang yang senantiasa mengikut Yesus, Yesus katakan Ia tidak pernah menjumpai iman yang sebesar itu diantara orang Israel. Meski perwira tersebut bukan salah satu orang yang senantiasa bersama-sama dengan Yesus, tetapi ia memiliki iman yang demikian besar.

          Dalam hidup kita ini, sudahkah kita memiliki relasi yang baik dengan Tuhan. Jangan mengira bahwa karna kita memiliki jabatan Rohani atau menjadi pelayan Tuhan, maka kita dapat memiliki iman yang besar dan lebih baik dari orang lain. Mari kita juga bisa senantiasa rendah hati dan tidak sombong dalam pelayanan atau jabatan Rohani yang Tuhan berikan kepada kita. Jabatan Rohani tidak menentukan seberapa besar iman seseorang kepada Tuhan, tetapi kedekatan seseorang tersebutlah dengan Tuhan secara pribadi yang menentukan iman seseorang kepada Tuhan. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Jangan Membanggakan Diri - Matius 8: 10"