Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jamu Mantap - Filipi 4: 8



Filipi 4:8

“Jadi akhirnya, saudara-saudara, semua yang benar, semua yang mulia, semua yang adil, semua yang suci, semua yang manis, semua yang sedap didengar, semua yang disebut Kebajikan dan patut dipuji, pikirkanlah semua itu”

 

           Jamu murupakan suatu pengobatan tradisional yang cukup banyak diminati. Bukan hanya karena berasal dari bahan-bahan alami, tetapi juga jamu dinilai cukup menjur mengatasi penyakit maupun menyegarkan badan. Namun tahukah saudara bahwa juga ada jamu yang penting bagi seseorang, yakni jaMu MaNTaP.

1.    Jaga Mulut

           Dalam hidup ini, kita perlu menjaga mulut kita dalam berkata-kata. Ucapkanlah senantiasa berkat, syukur dan kata-kata yang membangun. Janganlah kata-kata kotor keluar dari mulut kita. Janganlah ada perkataan kotor keluar dari mulutmu, tetapi pakailah perkataan yang baik untuk membangun, di mana perlu, supaya mereka yang mendengarnya, beroleh kasih karunia (Efesus 4:29). Janganlah bersungut-sungut atau mengeluh.

2.    Jaga Mata

           Dalam hidup ini, kita juga perlu menjaga mata. Janganlah mempergunakan mata kita untuk melihat kekurangan orang lain, tetapi hendaknya kita menjaga mata terhadap hal-hal yang jahat. Mengapakah engkau melihat selumbar di mata saudaramu, sedangkan balok di dalam matamu tidak engkau ketahui (Matius 7:3).

3.    Jaga Nafsu (Kepentingan diri sendiri)

Dalam hidup ini, jangalah kita menjadi seseorang yang egois, yang mementingkan diri sendiri, tetapi kepentingan bersama. dengan tidak mencari kepentingan sendiri atau puji-pujian yang sia-sia. Sebaliknya hendaklah dengan rendah hati yang seorang menganggap yang lain lebih utama dari pada dirinya sendiri (Filipi 2:4).

4.    Jaga Tangan

           Dalam hidup ini perlulah kita bertingkah laku dengan dengan baik. Lakukanlah hal yang baik dan jadilah teladan bagi orang lain. Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu (2 Timotius 4:12). Kita juga perlu menjaga tangan kita, jangan sampai tangan kita (jari-jari) kita gunakan untuk mengetik hal-hal yang dapat menimbulkan huru hara. Tetapi biarlah jari-jari kita senantiasa mengetik hal-hal yang baik, hal-hal yang mendatangkan berkat bagi kita semua.

5.    Jaga Pikiran

           Pikiran sangat menentukan apa yang akan kita katakan, apa yang akan kita lihat, apa yang kita lakukan. Untuk itu sangat perlu untuk kita memikirkan hal-hal yang baik, hal-hal yang Rohani, hal-hal kerajaan sorga. Janganlah memikirkan hal-hal yang negative yang justru membuat kita menjadi psimis. Jangan juga memikirkan hal-hal yang duniawi, tetapi hal-hal Kerajaan sorga.

           Untuk itu marilah kita memikirkan semua yang baik, yang suci, yang mulia, bahkkan kita tidak hanya memikirkan hal-hal tersebut saja, tetapi kita juga perlu untuk melakukannya. Jangan biarkan mulut, mata, nafsu, tangan, pikiran kita untuk hal-hal yang buruk, tetapi biarlah kita gunakan itu semua untuk kemuliaan nama Tuhan. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Jamu Mantap - Filipi 4: 8"