Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bukti Kasih - Amsal 3:12



Amsal 3:12

Karena TUHAN memberi ajaran kepada yang dikasihi-Nya, seperti seorang ayah kepada anak yang disayangi”

 

Orang tua akan melarang bahkan memarahi anaknya ketika anak tersebut bermain-main dengan pisau atau benda berbahaya lainnya. Namun, ada kalanya ketika seorang anak dimarahi atau dihukum oleh orang tuanya, maka anak tersebut akan beranggapan bahwa orang tuanya tidak menyayanginya. Seorang anak akan cenderung beranggapan bahwa bukti kasih orang tua terhadap dirinya adalah dengan diberikannya segala yang dia inginkan, dengan diberikannya segala yang dia butuhkan, dengan senantiasa dibela, dimanja dan sebagainya. Padahal bukti kasih orang tua juga dapat buktikan melalui tindakkannya dalam memberikan ajaran kepada anaknya.

Alkitab menegaskan bahwa Tuhan memberi ajaran kepada setiap orang yang dikasihi-Nya. Ajaran Tuhan bukan karena Ia tidak mengasihi umat-Nya, tetapi merupakan bukti kasih Allah kepada umat-Nya. Sebab kita orang percaya bukanlah anak-anak gampang, “Tetapi, jikalau kamu bebas dari ganjaran, yang harus diderita setiap orang, maka kamu bukanlah anak, tetapi anak-anak gampang” (Ibrani 12:8). Didikan atau ajaran yang Tuhan berikan kepada umat-Nya adalah untuk menuntun umat-Nya kembali pada jalan yang benar, untuk mendatangkan kebaikan kepada umat-Nya.

Selama perjalanan di padang gurun, bangsa Israel banyak mendapatkan didikan dan ajaran dari Tuhan. Didikan dan ajaran yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel bukan karena Tuhan tidak mengasihi Israel, tetapi karena Tuhan ingin agar bangsa Israel menjadi suatu bangsa yang senantiasa menghidupi Firman Tuhan dan mengandalkan Tuhan. Meski didikan dan ajaran itu sering kali membuat Israel menjadi tawar hati, tetapi melalui ajaran dan didikan itulah Israel akhirnya dapat sampai di tanah Kanaan.

Untuk itu marilah kita memahami didikan dan ajaran Tuhan sebagai suatu bukti cinta kasih Tuhan kepada kita, seperti seorang ayah yang mendidik seorang anak yang dikasihi-Nya. Karena kita tahu bahwa setiap didikan dan ajaran yang Tuhan berikan kepada kita adalah untuk mendatangkan kebaikan kepada kita. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Bukti Kasih - Amsal 3:12"