Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beroleh Harta Bersama Tuhan - Amsal 15: 16

 


Amsal 15:16

Lebih baik sedikit barang dengan disertai takut akan TUHAN dari pada banyak harta dengan disertai kecemasan”

 

          Ada sebuah lagu yang mengatakan mengenai dunia akhir jaman dimana banyak orang kaya yang sibuk menyimpan dan menyembunyikan harta bendanya, serta banyak orang miskin yang kebingungan untuk bertahan hidup karena kekurangan. Tetapi lagu itu juga mengatakan berbahagialah orang percaya yang dalam keadaan seperti apapun baik berlimpah maupun kekurangan, tetap bersama dengan Tuhan.

          Amsal 15:16 juga mengingatkan kita mengenai keadaan yang demikian. Adalah percuma jika sesorang memiliki banyak harta benda tetapi senantiasa dirundung perasaan cemas. Memiliki banyak harta benda tetapi juga dihantui rasa was-was karena takut kehilangan hartanya. Lebih baik harta yang sedikit, tetapi disertai ucapan syukur dan takut akan Tuhan, daripada banyak harta tetapi diperoleh dengan cara yang salah.

          Banyak orang mati-matian mengejar harta dengan anggapan bahwa harta itu akan membawa kedamian bagi mereka. Bahkan mereka menghalalkan segala cara untuk dapatkannya. Padahal Alkitab mengatakan dengan jelas, apalah gunanya memiliki banyak harta jika ia kehilangan nyawanya? “Tetapi firman Allah kepadanya: Hai engkau orang bodoh, pada malam ini juga jiwamu akan diambil dari padamu, dan apa yang telah kausediakan, untuk siapakah itu nanti?” (Lukas 12:20).

          Bukanlah seberapa banyak harta yang kita miliki yang membuat kita memiliki damai, tetapi berada bersama dengan Tuhanlah yang membuat hidup kita senantiasa damai. Meskipun melewati gelombang badai hidup dan rintangan, tetapi bersama dengan Tuhan kita akan senantiasa merasa damai. Harta yang sedikit tetapi disertai rasa syukur sudah sangat cukup. Namun seberapa banyakpun harta ketika tidak disertai rasa syukur akan tetap merasa kekurangan.

          Untuk itu milikilah harta bersama Tuhan. Seberapa banyak harta yang Tuhan berikan merupakan anugerah yang dari Tuhan. Tuhan sendiri tidak akan membiarkan anak-anakNya berkekurangan tetapi berkecukupan. Dengan beroleh harta bersama Tuhan, baik banyak atau sedikit harta yang Tuhan beri, hidup kita akan senantiasa damai bersama dengan Tuhan. Amin.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Beroleh Harta Bersama Tuhan - Amsal 15: 16"