Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kudusnya Hidup - Imamat 19:2

 


Syalom!

Renungan Pikiran Kristen

Imamat 19:2

“Kudusnya Hidup”

 

“Berbicaralah kepada segenap Jemaah Israel dan katakan kepada mereka: Kuduslah kamu, sebab Aku, TUHAN, Allahmu, kudus”

 

Sesuatu yang berharga pasti akan disimpan pada tempat khusu dan diletakkan pada tempat tertentu agar akan tetap aman. Seperti halnya sebuah mutiara atau berlian tidak akan diletakkan pada sembarang tempat namun diletakkan pada tempat khusus.

Dalam Imamat 19, Tuhan berfirman kepaa Musa agar ia mengatakan kepada orang Israel untuk menjaga kekudusannya. Hal ini tidak lain adalah karena Allah sendiri adalah Allah yang kudus sehingga umat-Nya juga haruslah menjaga kekudusannya. Kekudusan yang dimaksud ialah tidak berlaku cemar dan senantiasa hidup dalam perintah dan ketetapan Allah. Jika kita lihat lebih lanjut dalam ayat-ayat berikutnya, Tuhan memerintahkan bangs a Israel agar mentaat orang tuanya dan memelihara hari-hari sabat. Bahkan Tuhan juga memberikan penekanan bahwa orang Israel harus setia kepada Tuhan dan jangan sampai berpaling dari Tuhan.

Sebagai umat yang Kudus, Tuhan ingin agar Israel tidak seperti bangsa-bangsa sekitarnya yang menajiskan diri dengan berbagai penyembahan berhala. Tuhan sangat menentang akan penyembahan berhala, karena hal ini adalah hal yang sangat menjijikkan bagi Allah. Tuhan mau agar Israel hanya menyembah Tuhan saja dan melakukan segala ketetapan yang Ia berikan kepada mereka. Kekudusan berarti mengasihi Allah dan sesama dengan menjalakan segala ketetapan yang telah Tuhan berikan kepada umat-Nya.

Lantas apa yang bisa kita lakukan secara praktis? Kita bisa memulainya dengan menghormati orang tua patuh pada perintah mereka dan mengasihi sesama. Mengasihi sesama bisa kita lakukan dengan saling menegur sapa, tidak menipu atau berbohong. Sedangkan kepada Allah, kita bisa senantiasa setia beribadah, menjalankan perintah-Nya, mempersembahkan seluruh hidup kita kepada Tuhan. Amin.

 

Tuhan Yesus Memberkati.

Gbu.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

2 komentar untuk "Kudusnya Hidup - Imamat 19:2"