Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Berpura-Pura Tidak Tahu - Ulangan 22:1-4

 


Syalom!

Renungan Pikiran Kristen

Ulangan 22:1-4

“Jangan Berpura-Pura Tidak Tahu”

 

Tuhan memberikan perintah kepada manusia untuk senantiasa mengasihi Allah dan sesama. Baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru, perintah ini cukup sering diberikan. Kasih terhadap sesama berarti mengasihi orang lain seperti kita mengasihi diri sendiri.

Dalam ayat 1-4, Tuhan memberikan perintah kepada orang Israel untuk saling tolong menolong. Dalam ilustrasi yang diberikan, Tuhan memerintahkan agar orang Israel mau menolong sesamanya yang kesusahan di jalan, yakni ketika melihat lembu atau keledai sesamanya rebah di jalan. Tidak hanya itu, ketika seseorang menemukan sesuatu barang milik sesamanya, ia juga harus mengembalikan kepada pemiliknya. Bahkan ditekankan jangan berpura-pura tidak tahu. Ketika orang yang menemukannya tersebut tidak mengetahui siapa pemiliknya, maka ia harus menjaga dan menyimpannya sampai sang pemilik datang untuk mencarinya.

Dalam hidup ini sering kali kita berpura-pura tidak tahu ketika saudara kita mengalami kesusahan. Kita hanya melihatnya dan segera menyimpang dari jalan tersebut. Bahkan mungkin ketika mereka mengalami masalah atau musibah, kita enggan untuk menolong dan memperhatikan mereka. Padahal dalam ayat ini, Tuhan secara tegas memperingatkan kita agar kita senantiasa saling tolong-menolong dan menunjukkan kasih kita kepada sesama. Hal buruk yang mungkin sering terjadi adalah ketika kita menemukan miliki sesame kita, justru malah kita mengambilnya menjadi milik kita dan tidak mengembalikan kepada pemiliknya. Padahal kita tahu bahwa pemiliknya sedang mencarinya dan kitapun tahu dimana sesuatu yang sedang dicarinya.

Untuk itu marilah kita saling memperhatikan, mengasihi dan saling menolong sesama kita. Mungkin tidak harus menolong secara fisik, tatapi ketika kita mau untuk bersimpati dan berempati terhadap masalah atau musibah yang ia hadapi, secara tidak langsung kita sedang mengasihi dan sedang menolong orang tesebut.

Seperti Tuhan yang telah mengasihi kita bahkan memberikan nyawanya untuk manusia, kitanya kita juga dapat menjadi peribadi yang senantiasa saling mengasihi dan menolong sesame. Amin.

 

Tuhan Yesus memberkati

Gbu.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Jangan Berpura-Pura Tidak Tahu - Ulangan 22:1-4"