Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar Dari Alam - Mazmur 19: 2-3

 


Syalom!

Renungan Pikiran Kristen hari ini

“Belajar Dari Alam”

Mazmur 19: 2-3

“Langit menceritakan kemuliaan Allah, dan cakrawala memberitakan pekerjaan tangan-Nya; hari meneruskan berita itu kepada hari, dan malam menyampaikan pengetahuan itu kepada malam”

Pada suatu pagi, ada seseorang yang mengeluh karena pagi itu turun hujan. Ia berkat bahwa “mengapa turun hujan pagi-pagi begini, jadi males ngapa-ngapain”. Bahkan pagi itu ia tidak menikmati pagi seperti biasanya. Menjelang sore cuaca berujung cerah dan akhirnya ia merenung untuk sesaat, akhirnya ia paham bahwa mengapa Tuhan memberikan hujan dipagi hari. Ia menyadari bahwa Tuhan memberikan hujan di pagi hari karena Tuhan ingin menunjukkan hari yang cerah di sore hari. Tuhan tahu bahwa ia sudah lama tidak tidak merasakan sore yang cerah.

Melalui ayat ini, kita dapat melihat bahwa Allah dapat menunjukkan anugerah-Nya bagi manusia melalui ciptaan-Nya. Tiada alasan bagi manusia untuk tidak bersyukur atas apa yang Tuhan beri, baik itu anugerah yang Tuhan berikan melalui apa yang terjadi dalam hidupnya ataupun melalui alam. Mungkin Tuhan memberikan hal yang tidak sesuai dengan apa yang ia inginkan, tetapi dibalik itu Tuhan memberikan hal yang terbaik untuk kita.

Alam merupakan anugerah umum yang Tuhan berikan kepada semua manusia tanpa terkecuali untuk dapat mereka nikmati. Jika para ilmuan mengatakan bahwa tidak ada Allah, itu merupakan asumsi yang salah. Dengan melihat alam semesta, mereka sedang melihat karya Allah yang begitu luar biasa. Itu semua tidak terjadi begitu saja tanpa ada yang campur tangan di dalamnya. Bagaimana alam semesta berjalan, bumi mengitari matahari dan perputar pada porosnya, itu semua karena Allah mengatur segala sesuatunya. Jalan pesawat di udara dan jalan kapal di laut saja ada yang mengaturnya, bagaimana mungkin alam semesta ini berjalan tanpa ada yang mengaturnya. Mungkin kita lupa pada para teknisi IT yang senantiasa menjaga jaringan internet agar semua orang dapat terhubung satu sama lain dimanapun mereka berada. Tanpa para teknisi IT, kita tidak akan bisa saling terhubung dengan internet.

Untuk itu marilah kita belajar dari alam dan dapat senantiasa bersyukur kepada Allah melalui alam semesta. Ketika kita sedang mengeluh, mari kita melihat alam semesta. Alam semesta yang begitu luar biasa Tuhan berikan hanya untuk manusia, anugrah yang dapat dirasakan oleh siapapun juga. Jika Allah saja memberikan anugerah alam semesta kepada manusia, sungguh betapa besarnya anugerah keselamatan yang Tuhan berikan kepada manusia dengan kematian Anak-Nya.

Hal yang dapat kita lakukan ialah senantiasa beryukur atas anugerah yang Tuhan berikan dan kita bisa menjaga alam semesta dengan memeliharanya sebaik mungkin. Amin.

 

Selamat Beraktifitas

Tuhan Yesus memberkati

GBU

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Belajar Dari Alam - Mazmur 19: 2-3"