Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pakaian Imam Besar dan Imam-Imam



 PAKAIAN IMAM BESAR

Pakaian Imam Besar jika diamati secara keseluruhan maka akan mencolok dari pada pakaian imam-imam dan pakaian bangsa Israel lainnya. Hal pasti memiliki tujuan, dimana secara umum bertujuan untuk membedakan mana Imam Besar Harun dan mana Imam-imam. Karena Imam besar satu hanya sendiri, maka pakaiannya pun akan dibedakan dari imam-imam pada umumnya. Namun, secara khusus tujuan dari pembedaan pakaian pada Imam Besar adalah untuk menampakkan kemuliaan, kekudusan, keindahan, dan pekerjaan penebusan dari Imam Besar.

Tujuan Secara Literal Bagian-Bagian Pakaian Imam Besar

Berikut kita akan melihat tujuan secara literal dari bagian-bagian pada Pakaian Imam Besar, yaitu:

  1. Patam, bertuliskan “Kudus bagi Tuhan” dan tali ungu tua digunakan untuk mengikatnya. 
  2. Tutup Dada, berbentuk persegi empat dengan panjang dan lebar satu jengkal (1/2 hasta, sekitar 22,5 cm) yang di buat dengan bahan yang sama dengan baju efod, yaitu dari emas,  kain ungu tua, kain ungu muda, kain kirmizi, dan lenan halus yang di pintal benangnya serta terdiri dari 2 lapisan (Kel. 28:15-16 dan 39:8-9), terdapat juga urim dan tumim. 
  3. Baju Efod, dibuat dari emas, kain ungu tua, dan kain ungu muda kain kirmizi, dan lenan halus yang dipintal benangnya, berbentuk seperti celemek yaitu tanpa lengan dan memanjang sampai ke lutut, terdiri dari 2 bagian yaitu bagian depan dan bagian belakang dan kedua tersebut terhubung di atas bahu (Kel 28:6-7; 39:2-4). Terdapat 12 permata yang menempel, diukir menurut nama suku israel. pada tutup bahu, terdapat dua buah krisopras. 
  4. Gamis, diamana pada tengah-tengahnya dibuat seperti leher baju zirah. Pada bagian ujungnya terdapat buah delima dari kain ungu tua, kain ungu muda dan kain kirmizi. Pada bagian buah delima itu juga terdapat giring-giring berselang-seling diantara buah delima. 
  5. Serban, adalah pakaian yang dipakai oleh imam besar, yang melilit dengan berputar-putar lalu dijahit. (Kel. 28:39).
  6. Ikat Pinggang, adalah pakaian Imam Besar yang dibuat dengan satu tenunan dari atas sampai ke bawah sangatlah longgar, sehingga dibebatkanlah ikat pinggang, agar imam merasa nyaman saat menjalankan tugasnya. Ikat pinggang ini melilit dada satu putaran lalu terjurai sampai ke pergelangan kaki. (Kel. 28:39, 39:29; Im. 8:7, 13)
  7. Celana lenan, adalah celana yang panjang dari pinggang sampai ke paha, dan yang paling dekat dengan kulit berguna untuk menutupi aurat imam. . (Kel. 28:42)
  8. Sabuk baju Efod
  9. Pakaian Lenan, adalah pakaian yang dibuat dengan satu tenunan, yang dipakai di dalam gamis dan menempel dengan tubuh, panjang pakaian tsb sampai ke tumit dan dibebatkan dengan sabuk. (Kel. 28:39-40, 29:5, 8, 39:27).

        Pada hari pendamaian ketika masuk ke tempat Mahakudus, imam besar menanggalkan pakaian imam besarnya yang mewah dan hanya mengenakan pakaian lenan berwarna putih yang menyimbolkan kekudusan. 

Pakaian Imam-Imam

  1. Pakaian lenan, pakaian yang dibuat dengan satu tenunan yang dipakai di dalam gamis dan menempel dengan tubuh, panjang lengan sampai kepergelangan tangan, panjang pakaian sampai ke tumit dan dibebat dengan sabuk. 
  2. Destar, merupakan destar yang berbentuk menonjol di bagian atas seperti gunung dan berbeda dengna serban yang dikenakan imam besar (Kel. 29:9). adalah pakaian dasar yang dipakai oleh imam yang berbentuk menonjol di bagian atas seperti gunung. Berbentuk seperti kain yang di lilit dengan berputar-putar lalu di jahit (Kel 28:39). 
  3. Ikat pinggang, melilit pada satu putaran lalu terjurai sampai kepergelangan kaki. 
  4. Celana lenan, pakaian yang paling dekat dengna kulit yang dibuat dari lenan halus yang digunakan untuk menutupi aurat imam. 

Untuk semua imam-imam dan Imam Besar haruslah mengenakan pakaian mereka setiap kali mereka datang untuk melayani Tuhan di tempat kudus, hal tersebut bertujuan agar mereka tidak mati. Bukan hanya pada saat masuk ke ruangan mahakudus.  

Maksud Dan Tujuan Baju Imam Besar.

      1. Patam, untuk menanggung akibat kesalahan terhadap segala yang di kudukan oleh                 orang Israel, sehingga TUHAN berkenan akan mereka. 
     2. Tutup dada, untuk menandai atau peringatan kepada ke-12 anak Israel. 
     3. Baju efod, membedakan imam besar dan imam-imam. Baju yang hanya di gunakan oleh          seorang imam besar. Efod memiliki beberapa warna:
            - Ungu menggambarkan keagungan dan kewibawaan rajani
            - Biru langit
            - Kirmizi
            - Lenan Halus
            - Emas
     4. Gamis, tujuan adanya leher baju zirah ialah agar tidak rusak saat gamis di pakai. 
     5. Serban, menutupi kepala juga untuk membedakan jabatan dengan imam-imam. 
     6. Ikat pinggan, agar merasa nyamaan saat menjalankan tugasnya, sebab pakaian lenan             terbuat sangat longgar sehingga butuh di ikat. 
     7. Celana lenan, untuk menutupi aurat (Kel. 28:42; Im 6:10)
     8. Sabuk baju efod, untuk menahan kedua bagian baju efot agar tetap rapat dengna                     tubuh. 
     9. Pakaian lenan, pakaian yang paling dalam (Keluaran 28:39 bnd. Imamat 16:2-4) dibuat          untuk menutupi auratnya saat melaksanakan upacara pendamaian


Maksud Dan Tujuan Baju Imam-Imam

    1. Pakaina lenan, dibuat untuk menutupi auratnya
    2. Destar, untuk menutupi kepala dan juga untuk membedakannya dengan imam besar.  
    3. Ikat pinggang, agar imam merasa nyaman saat menjalankan tugas jabatannya. 
    4. Celana lenan, untuk menutupi aurat (Kel. 28:42; Im 6:10)

Simpulan:

Pakaian Imam Besar merupakan pakaian yang kudus, yang hanya digunakan oleh imam besar untuk melakukan tugas dan tanggung jawabnya. Pakaian kudus imam besar menunjukkan pada kelakuan hidup sehari- hari sama seperti Kristus yang Kudus, Suci dan mampu menjadi teladan baik sebagai pemuka/gembala sidang. 

Penerapan Dalam Kehidupan:

Kita sebagai hamba Tuhan harus menutupi aurat saat beribadah, melayani Tuhan dan tidak memakai aksesoris yang berlebihan. Imam besar Harun telah mengenakan pakaian yang sesuai aturan Tuhan, demikian juga ketika kita sedang dalam kebaktian mengenakan kasih yang mempersatukan di dalam Kristus.

 

Admin
Admin Admin membership www.pikirankristen.com || follow us https://linktr.ee/pikirankristen

1 komentar untuk "Pakaian Imam Besar dan Imam-Imam"