Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berjalan Bersama Tuhan - Keluaran 33:1-23

 


Pagi ini kita akan belajar dari pribadi seorang pemimpin dalam Perjanjian Lama. Yaitu Musa, kita buka dalam Keluaran 33:1-23.

Di pasal sebelumnya menjelaskan bagaimana bangsa Israel yang menyimpang dari jalan Tuhan, mereka membuat patung anak lembuh emas dan menyembahnya. Hal ini tentu membuat Tuhan murka kepada bangsa Israel.

Sehingga di pasal 33, Allah menyuruh Musa untuk membawa Bangsa Israel ke tanah Kanaan. Namun Allah tidak mau berjalan dengan mereka, sebab bangsa Israel ada bangsa yang keras tengkuk. Alah mengutus seorang mailaikat untuk berjalan bersama mereka.


Baca juga: Gaya Hidup Orang Percaya - Ibrani 12:14-15

Namun, Musa menyatakan dengan jelas kepada Tuhan; bahwa ia tidak mau berjalan bila tidak bersama dengan Tuhan. Musa menyadari bahwa ia seorang yang lemah (sudah tua), bangsa Israel ada bangsa yang bebal. Musa juga menyadari bahwa segala sesuatu dapat ia lakukan karena Tuhan menyertai dia. Jadi jika Tuhan tidak menyertai dia, maka dia tidak akan bisa berbuat apa-apa. Ia tidak akan bisa memimpin bangsa Israel.

 

Bagaimana dengan kehidupan kita saat-saat ini? Apakah kita masih berjalan dengan Tuhan? Atau kita melangkah sendiri, merasa diri hebat sehingga kita tidak butuh TUhan? Saya berharap tidaklah demikian. Kita manusia yang memiliki keterbatasan dalam segala hal, oleh sebab itu kita butuh Pribadi yang mampu untuk menolong setiap kehidupan kita dan selalu menyertai kita. Mari kita senantiasa membangun hubungan kita dengan Tuhan, dan senantiasa kita hidup dalam pimpinan dan tuntunanTuhan. Supaya kita boleh hidup seturut kehendak Tuhan.

Sekian yang bisa saya sampaikan, Tuhan Yesus memberkati.


Renungan Lainnya...

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Berjalan Bersama Tuhan - Keluaran 33:1-23"