Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekuatan Akar Menentukan Level Ketahanan - Matius 7:24-25

 



*Kekuatan Akar Menentukan Level Ketahanan*


RHEMA HARI INI

Matius 7:24-25 "Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu. Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.


Di dunia ini ada ribuan jenis tanaman yang hidup dengan keunikannya masing-masing. Dalam keberagaman tumbuhan yang ada, pada setiap tanaman kita akan mendapati keindahannya tersendiri. Namun, di balik keindahan dan kegagahan tanaman atau pohon itu tumbuh, ada satu bagian yang tidak tampak tetapi sebenarnya berperan sangat besar bagi pertumbuhan tanaman. Meskipun bunga, buah, batang, dan daun adalah hal pertama yang akan dilihat, tetapi sebenarnya di bagian paling bawah yang tertutup tanah ada bagian yang berfungsi menyerap makanan dan menjadi penopang kekuatan tanaman. Itulah yang dinamakan akar.


Keberadaannya memang tersembunyi dan tidak kelihatan, tetapi akar menjadi bagian yang vital bagi keberlangsungan hidup sebuah tanaman. Akar berfungsi untuk menyerap air dan unsur-unsur hara lain yang sangat penting bagi kehidupan serta pertumbuhan tanaman. Jika akar tercabut atau tidak kuat, tanaman akan mudah goyah dan pada akhirnya mati. Ketika akar tidak kuat, maka tanaman hanya bisa bertahan hidup sebentar. Sebaliknya, jika akar sebuah tanaman menjalar semakin dalam dan semakin kuat mencengkeram tanah, tanaman pun akan semakin kuat dan lebih tahan dengan terpaan angin bahkan badai yang melanda.


Sama halnya dalam kehidupan manusia, kebanyakan orang hanya akan mengagumi apa yang kelihatan atau penampilan fisik. Akan tetapi, apa yang terlihat sebenarnya tidak bisa menjadi ukuran dan menunjukkan kekuatan seseorang. Justru yang tak terlihatlah yang menjadi dasar kekuatan seseorang. Akar kehidupanlah yang akan menentukan ketahanan kita. Akar iman yang kita bangun setiap hari itu akan menentukan ketika badai besar datang dalam hidup kita, apakah kita terhempas roboh, atau kita bisa tetap kokoh berdiri. Ketika akar hidup kita adalah firman Tuhan dan kita merenungkannya siang dan malam, maka kita akan tetap kuat menghadapi permasalahan-permasalahan yang menerpa hidup kita. Oleh karena itu, bangunlah kehidupan rohani yang kuat, yaitu dengan berakar dalam Kristus. Saat akar kita semakin kuat, kita pun akan semakin kuat dan tahan uji menghadapi tantangan hidup ini. (LEW)


RENUNGAN

Kekuatan AKAR menentukan level KETAHANAN.


APLIKASI

1. Apakah Anda sudah memiliki akar yang kuat dalam Tuhan? Jika belum, mengapa?

2. Mengapa kekuatan akar menentukan level ketahanan Anda?

3. Bagaimana cara Anda untuk memperkuat akar iman percaya Anda?


DOA UNTUK HARI INI

“Bapa, berikanlah kami akar yang kuat, sehingga dalam keadaan apa pun, kami tetap kuat dan kokoh berdiri. Kami percaya, saat kami selalu berakar kuat dalam-Mu, kami akan memiliki ketahanan uji yang kuat. Di dalam nama Tuhan Yesus, kami berdoa. Amin.”


BACAAN ALKITAB SETAHUN

Ester 3-5

Kisah Para Rasul 5:22-42

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Kekuatan Akar Menentukan Level Ketahanan - Matius 7:24-25"