Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

God's Witness - 1 Korintus 11:1-2


 Hari : Rabu, 12/10/22
Bahan : 1 Korintus 11:1-2
Tema : God’s Witness (Menjadi Saksi Tuhan)
Pengantar : Tuhan Yesus Kristus memerintahkan kita untuk menjadi saksi-saksi-Nya yang berhasil di akhir zaman ini. Dia telah memberikan kepada kita bagaimana menjadi saksi-saksi-Nya yang berhasil untuk memberitakan kabar baik kepada semua orang yang belum mengenal-Nya secara pribadi.

Pemahaman :  Dalam konteks 1 Korintus 11:1-2 
“ Jadilah pengikutku, sama seperti aku juga menjadi pengikut Kristus. Aku harus memuji kamu, sebab dalam segala sesuatu kamu tetap mengingat akan aku dan teguh berpegang pada ajaran yang kuteruskan kepadamu.” (1 Kor. 11:1-2)
Latar belakangnya ditulis ketika Rasul Paulus mendengar bahwa jemaat di Korintus bertikai dan kebingungan mengenai pakaian LITURGI, Rasul Paulus mengkritik karena jemaat di Korintus terpecah memasalahkan siapa Pelayan yang sah dan mempersoalkan pakaian Liturgis yang sebenarnya bukan masalah yang penting dalam ibadah, dalam bagian lain Raul Paulus juga sering menekankan bahwa ibadah yang terpenting adalah dalam roh dan kebenaran, bukan masalah-masalah lahiriah.

Paulus adalah teladan yang luar biasa dalam mengikut Tuhan secara total. Oleh karena itu dia bisa berkata pada orang percaya yang lain untuk mengikuti teladannya. Paulus tahu siapa dia dalam Kristus dan dia menjalani gaya hidup yang kudus, sehingga orang-orang dapat mengikuti teladannya untuk hidup sepenuhnya bagi Kristus sebagai Juruselamat mereka.

Ada dua poin dalam hal bersaksi; 

Mempersembahkan Hidup Untuk Yesus.
Di dalam Roh Kudus, Rasul Paulus menyampaikan Firman Tuhan kepada kita : “ Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Tuhan aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Tuhan : itu adalah ibadahmu yang sejati. Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membuktikan bahwa kehendak Tuhan adalah yang baik, yang berkenan kepada Tuhan dan yang sempurna. (Rm. 12:1-2). Kita adalah milik Yesus. Kita harus mempersembahkan seluruh kehidupan kita kepada Yesus. Memberikan seluruh kehidupan kita kepada Yesus adalah ibadah yang sejati. Ibadah yang kudus dan sangat menyenangkan Yesus. Ibadah yang sangat diterima oleh Yesus.

Giat Dalam Pekerjaan Tuhan.
Firman-Nya berkata “ Kita harus mengerjakan pekerjaan Dia yang mengutus Aku, selama masih siang; akan datang malam, di mana tidak ada seorangpun yang dapat bekerja. Selama Aku di dalam dunia, Akulah terang dunia. “ (Yoh. 9:4-5). Yesus memerintahkan kita untuk sungguh-sungguh giat dalam pekerjaan-Nya. Menjadi saksi Kristus berarti giat dalam pekerjaan Tuhan. Kita memberitakan Injil Kristus kepada segala bangsa yang hidup di seluruh dunia ini sampai Yesus datang kembali ke dunia ini dengan segala kuasa dan kemuliaan-Nya yang kudus dan kekal serta menyatakan diri-Nya kepada dunia ini bahwa Dia adalah Tuhan Yang Maha Kuasa dan Hakim Yang Adil dan pada hari kedatangan-Nya yang kedua kalinya dapat mengadili serta menjatuhkan keputusan yang kudus dan kekal kepada semua orang yang telah hidup dan masih bernapas di dunia ini. Maka, marilah setiap kita untuk menjadi saksi-saksi Kristus yang benar dan setia mengasihi dan melayani Tuhan dengan senangtiasa bahkan mau bersaksi dan menceritakan Injil Allah bagi sesama kita di manapun kita berada. Mintalah tuntunan Roh Kudus yang akan memimpin dan menolong kita sampai hari kedatangan-Nya. 

Refleksi : Sudahkah kita mau bersaksi tentang Kristus pada orang lain? 
Testify To God Or God Witness (bersaksi kepada Tuhan atau saksi Tuhan).

Saudara ingat bahwa engkau telah jadi saksi Kristus sejak engkau menerima Roh Kudus dalam hati, karena engkau percaya pada-Nya, maka engkau harus bersaksi, jangan malas dan jangat takut, karena yang engkau lakukan adalah pekerjaan Allah dan ada kuasa yang besar menyertaimu. Ingat para rasul bisa berhasil dan menjadi hebat contohnya Petrus, Yohanes, dan Paulus, engkau juga pasti bisa berhasil dan hebat, karena kuasanya sama yaitu dari Roh Kudus. Tetapi persoalannya, maukah saya dan saudara menyerahkan diri kita untuk dipakai oleh Tuhan dalam pemberitaan Injil? Bapa Ibu saudara yang akan menjawab sendiri. Sebagai ayat penutup 1 Korintus 13:7 “ Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

Tekad : Bapa dalam sorga didalam nama Yesus, terima kasih Tuhan untuk setiap firman-Mu yang Engkau nyatakan lewat hamba-Mu untuk menyampaikan isi hatimu kepada sesama kami, dan biarlah apa yang kami terima dan dengarlah tentang Engkau, biarlah menjadi rema dalam setiap kehidupan kami untuk terus bersaksi dan melayani serta memuji-Mu. Ajarlah kami terus mengandalkan Engkau setiap saat dimanapun kami berada. Terima kasih Bapa, terima kasih Yesus dan penyertaan-Nya Roh kudus yang senangtiasa menyertai, melindungi kami umat-Nya. Dalam nama Tuhan Yesus Kristus kami telah berdoa dan mengucap syukur, haleluyah. Amin! 

Tindakan : Lewat firman hari saya dan saudara, dapat memperbaiki dan mengubahkan cara hidup kita yang lebih baik lagi berani untuk bersaksi dan memuliakan nama Tuhan dimanapun kita berada.

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "God's Witness - 1 Korintus 11:1-2"