Materi Eklesiologi - Teologi Sistematika IV
Materi Eklesiologi - Teologi Sistematika IV
Gereja bukan jabatan, bukan liturgi, bukan gedung, dll; namun gereja itu adalah orang-orangnya. Dalam bahasa Yunani, gereja ekklesia, ek=keluar dan kaleo=memanggil. Eklesia biasanya digunakan untuk menggambarkan sekumpulan orang, biak perkumpulan/perhimpunan secara resmi maupun tidak resmi, yang kadang2 hanya berkerumun bersama sebagai masa (Kis 19:32, 39, 41). Perhimpunan tersebut biasanya dalam pengertian politik atau golongan dan sesungguhnya tidak berhubungan dengan pergertian keagaaman. Jadi harus dimengerti bahwa kata tersebut tidak menjelaskan mengnai orangnya, tetapi mengenai pertemuannya.
Istilah gereja dalam bahasa inggris church dan disebut dengan kata kirk
dalam bahasa belandaserta kirche dalam
bahasa jerman. Kata tersebut tidak berasal dari kata ekklesia tetapi dari kata gerika kuriakon yang artinya adalah milik
Tuhan. kata ini memberi tekanan bahwa sesingguhnya gereja adalah milik
Tuhan. kata tersebut hanya digunakan 2x di PB; pertama dipakai untuk perjamuan
kudus (1 Kor 11:20) dan kedua untuk hari Tuhan (Why 1:10). Dengan demikian daat
didefenisikan tambahan istilah gereja yaitu sekelompok orang yang telah
dipanggil keluar dari dunia dan menjadi milik Allah.
Istilah gereja dipakai dalam dua macam arti
1.
Gereja yang universal. (gereja yang
tidak kelihatan, semua orang di seluruh dunia) Dalam arti universal gereja terdiari atas
semua orang yang pada zaman ini, telah
dilahirkan kembali oleh Roh Allah dan oleh oleh Roh yang sama itu telah
dibabtis menjadi anggota tubuh Kristus (1 Kor 12:13; 1 Pet 1:3, 22:25).
Gerja
di pakai dalam arti universal ini karena Kristus berbicara mengenai membangun
jemaat Kristus sangaat mengasihi gereja-Nya sehingga rela menyerahkan diri
baginya Ef 5:25. Dia sedang memurnikan dan menguduskan gereja; Dia kepala
gereja; Kristus telah menempatkan orang2 yang diperlengkapi dengan karunia2
dalam gereja (1 kor 12:28)
...
2.
Gereja yang lokal. Dalam arti ini gereja
dipakai untuk menunjuk kepada sekelompok orang2 percaya yang terkumpul disatu
tempat. Misalnya adanya gereja di Yerusalem, Efesus, Kengkrea, Korintus,
Laodikia, Tesalonika.
Konsep2 lainnya tentang gereja
1.
Konsep Roma Katolik
Gereja
merupakan masyarakat yang terbentuk secara ilahi yang anggota2nya terdri dari
setia ras dan bangsa, semua beroegang pada satu iman, semua menggunakan
sakramen2 yang sama sebagai sarana kekudusa dan keselamatan, dan semuaya
diperintah dengan lemah lembut oleh pengganti santo Petrus, wakil Kristus, yang
Paus. (apa kata Paus)
2.
Konsep Anglikan
Gereja
Kristus yang kelihatan adalah sebuah jemaat yang terdir dari orang2 percaya,
dimana firman Allah yang murni dikhotbahkan,
serta sakramen2 dilayankan dengan seagaimana mestinya sesuai dengan
perintah Kristus. (uskup)
3.
Konsep Reformasi
Gereja
yang Am atau gereja yang universal, yant tidak kelihatan terdiri dari seluruh
jumlah orang yang terpilih. Gereja yang kelihatan, yang juga am atau yang
inversal menurut injil, teridi dari semua orang di seluruh dunia yag mengakuii
iman yang benar, bersama2 dngan anak2
mereka.
4.
Konsep Babtis
Gerja
dalah kumpulan2 kudus yang lehitan yang dipanggil dan dipishkan oleh dunia oleh
fiman dan Roh Allah untuk memberikan pengakuan iman yang kelihatan injil. ...
2 defenisi gereja,
gereja yang kelihatan dan gereja yang tidak kelihatan.
Berdirinya gereja
A.
Pandangan tentang berdirinya gereja
-
Gereja adalah umat perjanjian Allah yang
dikatikan dengan panggilan Abraham dan janji yang diberikan kepadanya sebagai
permulaan
-
Gereja adalah orang2 yang percaya pada
janji kepada Abraham
-
Gereja dimulai pada waktu Yesus di dunia
-
Berdasarkan pengakuan bahwa murid2 Yesus
B.
Karya Allah yag baru dalam masa PB
Gereja
adalah karya Allah yang baru yang mulai pada masa PB. Gereja masih misteri,
yang tidak dinyatakan pada masa lampau PL. Gereja tidak pernah dinubuatkan
dalam PL.
-
Dalam pokok ajaran Kristus. Karena
penolakan Israel, maka ada fase baru kerajaan sedang datang. Kristus, Anak
Allah yang hidup bertujuan mendirikan gereja-Nya (Mat 16:13-20). Kalimat aku akan mendirikan jemaat-Ku,
merupakan kata kerja Futur (Mat 16:18), sehingga sangat keliru jika gereja ada
dalam PL, karna kata Kristus saja Ia masih akan, bukan telah. Sedangkan frasa dan maut tidak akan menguasai,, ....
-
Dalam komposisi, gereja merupakan
sesuatu yang rahasia dalam komposisi (Ef 3:5)
Dalam kompoisis yang misteri para nabi
tidak terlihat
-
Manusia baru. Berkaitan dengan sifat, gereja disbut baru
(Ef 2:15). Kata baru (Kainos) mempunyai pengertian baru dalam sifat atau
semacamnya.
Para
nabi tidak pernah melihat nubuatan ttng gereja. kelahiran kristus, kematian
kristus, antikris, kerajaan 1000 th, langit dan bumi baru, di nubuatkan nabi,
tapi gereja tidak ada. secara
operasional gereja ada sejak pencurahan Roh Kudus.
Pondasi
gereja
1.
Kristus (1 Kor 3:11) Kristus adalah batu
penjuru yang menjadi pokok (paling dasar) bagi seluruh dunia. (Rm 15:4).
a. Dasar:
karya kristus
b. Fasilitas:
kenaikan Krisutus sebab ketika Ia naik Ia membagi2 kan karunia kepada manusia
Posting Komentar untuk "Materi Eklesiologi - Teologi Sistematika IV"