Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Simpati - Nehemia 1:1-11

 


Simpati merupakan suatu perasaan untuk turut prihatin kepada seseorang, terhadap apa yang dia hadapi atau alami. Namun sayangnya rasa simpati seringkali hanya terhenti pada perasaan atau rasa iba saja melihat apa yang sedang terjadi pada seseorang tersebut tanpa ikut membantu apa dapat ia lakukan. Hal ini tidak hanya dilakukan oleh orang awam saja, namun hal ini juga masih sering dilakukan oleh orang peraya. Lantas apa kata Alkitab mengenai rasa simpati yang benar menurut Nehemia 1:1-11

Pada saat Nehemia menjadi seorang juru minum raja, datanglah pada Hanani seorang dari saudaranya dengan beberapa orang dari Yehuda. Ia menanyakan kabar dari orang-orang Yahudi yang terluput dari tawanan dan masih berada di Yerusalem. Ia menadapati bahwa kabar mereka dalam keadaan tercela dan kondisi Yerusalem sendiri sedang dalam keadaan tembok-temboknya yang terbongkar dan pintu gerbangnya yang terbakar. 

Mendengar hal itu ia menangis dan berkabung selama beberapa hari, ia berpuasa dan berdoa kepada Tuhan. Ia meminta belas kasihan Tuhan agar Tuhan menolong bangsanya yang berada di Yerusalem dengan keadaan yang seperti itu. Ia pun mengakui kesalahan bangsanya dan mengakui kesalahnnya di depan Tuhan, sebab mereka telah melalikan ketetapan-ketetapan yang telah Tuhan berikan kepada mereka. Iapun mengingat janji-janji Tuhan yang akan Tuhan berikan ketika mereka mau untuk menuruti ketetapan-ketepan yang Tuhan berikan. 

Dari hal ini kita dapat belajar bahwa, rasa simpati tidak akan dapat berdampak banyak jika kita hanya memiliki rasa simpati saja. Rasa simpati yang dimiliki Nehemia dibuktikan dengan tindakkannyaa dalam bedoa kepada Tuhan. Dia tidak hanya mengatakan turut bersimpati atas apa yang menimpa orang Yahudi. Namun ia juga menunjukkan hal tersebut dengan ikut ambil alih dalam doa-doa. 

Sebagai orang percaya, sudahkah kita ikut ambil bagian dalam mendoakan orang lain? Dalam mendoakan bangsa dan orang-orang percaya yang turut mengalami penderitaan?

Untuk itu marilah kita dapat mengambil bagian terkecil dalam mereka yang menderita, yang terdindas dan juga bagi bangsa dimana kita berada. 

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Simpati - Nehemia 1:1-11"