Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menjadi Wanita Cakap - Amsal 12:4

 



Menjadi Wanita Cakap


"Isteri yang cakap adalah mahkota suaminya, tetapi yang membuat malu adalah seperti penyakit yang membusukkan tulang suaminya." Amsal 12:4.


Tak dapat dipungkiri bahwa hal pertama yang membuat pria terpikat kepada wanita adalah karena kecantikannya. Saat memilih wanita untuk dijadikan pasangan, seringkali yang diperlihatkan pria adalah kecantikan luarnya saja. 

Karena hanya terpaku dan memperhatikan fisik semata, banyak pria terkecoh dan salah memilih pasangan, sehingga pada akhirnya mereka harus membayar harga seumur hidupnya, sebab ternyata kecantikan fisik tidak bisa menjamin langgengnya sebuah hubungan.


Ternyata, memperbaiki karakter dalam diri wanita jauh lebih sulit dari memoles kecantikan fisik. Bagi wanita yang cantik secara fisik saja seharusnya tidak cukup, karena hal terpenting yang harus ada dalam diri mereka adalah kualitas hidup yang sesuai kebenaran firman Tuhan.


Arti cakap adalah sanggup melakukan sesuatu, memiliki kemampuan, tangkas, dan cekatan. Kecakapan seseorang akan terlihat dari perilaku hidup sehari-hari, termasuk dalam hal membangun hubungan dengan orang lain.


Apalah arinya memiliki kecantikan setinggi langit bila tidak memiliki kecakapan dalam segala hal. Wanita yang cakap asti akan tercermin dari sikapnya. Ini berbicara mengenai karakter atau moral yang baik.  contohnya ialah seperti yang dimiliki oleh Rut.


Sekalipun berasal dari bangsa moab, namun ia memiliki kualitas hidup yang mampu menjadi kesaksian bagi orang lain sehingga masyarakat Betlehem pun mengakui dan mengenal Rut sebagai wanita yang baik.


"...sebab setiap orang dalam kota kami tahu, bahwa engkau seorang perempuan baik-baik." (Rut 3:11).


Wanita yang cakap adalah wanita yang baik, artinya bisa menjadi teladan bagi orang lain baik dalam perkataan maupun perbuatan. Ukurannya adalah dari apa yang kebanyakan orang katakan tentang diri kita, bukan menurut diri sendiri. Wanita yang cakap adalah wanita yang tak sekedar pandai berdandan, melainkan berbudi pekerti yang baik, berperilaku baik dan tentunya memiliki pengenalan yang baik juga terhadap Allah.


Jadilah wanita yang cakap bagi pasangan kita

Jadilah istri yang cakap bagi suami kita

Jadilah ibu yang cakap bagi anak² kita


God Bless Us

_Woman in Christ_

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Menjadi Wanita Cakap - Amsal 12:4"