Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Dengar dan Katakan - Nehemia 2:17-20

 


Ada pepatah mengatakan 'mulutmu adalah harimaumu'. Mungkin perkataan ini cukup benar, apalagi Alkitab juga secara tegas memerintahkan kita agar senantiasa menjaga perkataan yang keluar dari mulut kita. Perkataan yang baik akan memberkati setiap orang yang mendengarnya, namun sebaliknya perkataan yang buruk akan meruntuhkan bahkan menjadi batu sandungan bagi mereka yang mendengarnya. 

Setelah Nehemia berkabung atas kabar dan yang di dapat dari saudara-saudara sebangsanya, ia berdoa bagi keselamatan mereka dan atas bangsanya. Namun tindakan Nehemia tidak hanya sampai disitu saja, ia bahkan meminta kepada raja agar memerintahkannya untuk pergi ke Yerusalem untuk membangun kembali kotanya. Sesampainya di sana, ia mulai berkeliling dan melihat kerusakan hebat yang terdapat di tembok Yerusalem. 

Setelah melihat semua kerusakan itu, ia mulai membicara hal tersebut dengan orang-orang Yahudi mengenai pembangunan kembali tebok Yerusalem. Namun salah seorang di antara mereka Yakni Sanbalat, menolak hal tersebut dan mulai berkata-kata yang meruntuhkan semangat mereka untuk membangun kembali tembok kota itu. 

Mendengar itu, Nehemia dengan tegas menjawab bahwa Tuhan lah yang telah membuat mereka semua siap sedia untuk membangun kembali tembok tersebut. Dengan demikian Nehemia kembali membangkitakan semangat mereka untuk membangun kembali tembok Yerusalem. 

Dari hal ini kita dapat belajar bahwa, kita harus senantiasa memperkatakan perkataan yang membangun bagi orang lain. Jangan sampai karna perkataan kita, orang lain menjadi terpuruk atau tersandung mendengarnya. Selain itu, kita juga harus selektif dalam mendengarkan apa yang dikatakan seseorang. Jangan sampai karena perkataan seseorang, apa yang telah kita rencanakan di dalam Tuhan sia-sia dan terbengkalai. 

Untuk itu marilah kita belajar untuk mendengarkan perkataan orang lain dengan selektif sehingga apa yang kita dengar tidak menjadi batu sandungan bagi kita namun menjadi penyemangat bagi diri kita. Selain itu kita juga perlu untuk senantiasa memperkatakan perkataan yang dapat membangun orang lain. 

Joko Prasetyo
Joko Prasetyo Pendiri dan Admin pikirankristen.com

Posting Komentar untuk "Dengar dan Katakan - Nehemia 2:17-20"